Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil 2022 Paling Menjanjikan

Usaha sampingan karyawan akhir-akhir ini mengundang minat seseorang untuk ikut menekuninya, dan tentunya yang dapat diawali dengan modal kecil. Walaupun tidak terlalu besar modal yang akan mereka keluarkan, salah satu dari bisnis ini bisa menjadi solusi cara dapat uang 500 ribu sehari lo. Penasaran apa saja ide usaha tersebut? Yuk baca referensi dari Turah.id berikut!

Supaya bisa mendapat keuntungan besar dalam ber-karir, sebenarnya modal tidak perlu kamu jadikan sebagai acuan kesuksesan. Justru dengan mengandalkan anggaran berlebihan, usaha sampingan karyawan ini akan bersifat obsesi dan bukan niat.

Contoh paling sederhana yang menggambarkan usaha hanya sebagai obsesi adalah ...

Ketika orang A sukses dalam bidang karir yang ia tekuni selama bertahun-tahun, timbul pemikiran untuk menjajal usaha orang tersebut. Dalam hati kecil berharap bahwa kamu bisa lebih sukses dengan modal besar yang kamu miliki.

Tanpa memikirkan pengetahuan, akhirnya kamu membuka usaha serupa dan seolah bersaing dengan orang A. Dalam hal ini, apa yang akan kamu peroleh? Tentu saja kerugian karena minimnya pengetahuan.

Oleh sebab itu, kenali usaha yang akan kamu pilih terlebih dahulu. Kemudian cari berbagai referensi tentang pembelajaran ber-karir dalam bidang tersebut. Mulai dari modal, strategi pengelolaan sampai pemasaran.

Sedangkan orang yang menyandang status karyawan tentu memiliki peluang sempit untuk memperbesar usaha mereka. Ops, tunggu dulu. Tidak semua usaha berlaku untuk orang-orang tertentu saja. Siapapun bisa sukses asalkan serius dalam menekuninya, termasuk kamu yang saat ini masih berstatus sebagai karyawan.

Jika masih ragu atau tidak punya arahan terkait jenis usaha sampingan yang bakal kamu bangun, mungkin beberapa ide bisnis berikut masuk dalam kriteria Anda.

Usaha Sampingan Karyawan

Setidaknya ada 5 jenis usaha sampingan modal keil yang bisa aku rekomendasikan untuk kamu yang berstatus karyawan, antara lain:

1. Rental Barang

usaha sampingan karyawan

Jika status mu saat ini masih bekerja di kantor dan ingin memulai karir dalam bisnis, mungkin usaha sampingan karyawan "rental barang" bisa menjadi solusi terbaik saat ini. Walaupun terdengar agak remehan, orang-orang banyak juga yang merasa tertarik dengan bisnis ini lo guys.

Cara memulainya pun sangat mudah. Utamanya, kamu harus memiliki barang yang bersifat langka atau tidak semua orang bisa membelinya. Contoh barang yang bisa kamu rental saat ini ialah:

  • Kamera DSLR. Rental ini menerapkan harga sewa per jam.
  • Lensa Kamera. Kamu juga bisa menyediakan peralatan fotografi ini sebagai pelengkapnya dengan harga yang per jam.
  • Mobil Pick Up. Rental ini kerap diperlukan orang-orang lo, terutama untuk mengangkut barang-barang. Sistem keuntungannya bisa bayar per jam atau harian.
  • dll.

Jika kamu pemula, mungkin menyewakan barang ke orang lain akan berisiko. Iya sih, itu benar. Tetapi ada cara untuk meminimalkan semua kerugian yang mungkin terjadi, yaitu dengan menerapkan sistem Deposito terlebih dahulu. Sehingga kamu bisa mengambil sebagian uang sebagai biaya perbaikan jika terjadi kerusakan. terhadap barang yang kamu rental-kan.

2. Afiliasi Marketing

Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil 2022 Paling Menjanjikan

Memang tidak mudah bagi seorang pemula untuk memulai usaha sampingan karyawan satu ini. Walaupun hampir tidak membutuhkan modal, diperlukan strategi yang benar-benar matang, terutama Copywriting agar bisnis ini sanggup menciptakan leading.

Meskipun terasa sulit, lama-lama jika sudah terbiasa melakukan promosi, maka kamu akan sanggup memasarkan suatu barang ke orang lain. Banyak kok platform yang bisa kamu pilih, antara lain:

  • Shopee. Cocok banget untuk target konsumen tingkat rendah.
  • Blibli. Lebih ideal untuk target konsumen yang membutuhkan produk original.
  • Lazada. Sangat tepat untuk target konsumen yang mengutamakan bonus dan kualitas penjual.
  • Tokopedia. Cocok untuk pemula yang tidak ingin membuat konsumen kecewa karena beberapa alasan.
  • Involve asia. Jika memiliki platform web besar dan menjangkau semua negara, platform ini solusinya atau bisa pula memilih Amazon.

Semua platform afiliasi tersebut hampir bisa kamu jalankan tanpa modal, kecuali jika mengandalkan website sendiri sebagai tempat promosi. Sedangkan keuntungannya cukup besar dan menyesuaikan syarat dan ketentuan di setiap platform afiliasi.

Lantas apa sih afiliasi itu? Ini adalah salah satu cara menjual barang milik orang lain dengan memanfaatkan link produk. Jika terjadi transaksi pembelian, Afiliator akan menerima penghasilan dalam hitungan persentase.

3. Jual Kopi Racikan

Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil 2022 Paling Menjanjikan

Biasanya di dekat kantor terdapat kantin yang selalu ramai. Jika tempat kerja mu menyediakannya, cobalah menjual kopi buatan sendiri. Racikan kopi lebih disukai orang-orang lo daripada kopi ber-kemasan pabrikan. Hanya saja ada tantangan tersendiri yang harus kamu lalui, yaitu belajar menciptakan racikan kopi dengan aroma dan rasa yang lezat.

Jika kamu sanggup menciptakan racikan kopi yang enar-benar memiliki ciri khas, kenapa tidak memulainya dari sekarang. Yang harus kamu lakukan adalah:

  • Menyiapkan modal dan membuat anggaran.
  • Mencari lokasi strategis untuk berjualan. Bisa membangun kedai di depan rumah, pinggir jalan, kantin kantor atau membuka cafe sendiri.
  • Melakukan promosi.

Dengan modal yang sangat rendah, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar lo. Buruan pilih usaha sampingan karyawan ini!

4. Cetak Undangan

Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil 2022 Paling Menjanjikan

Tidak harus memiliki skil atau pemahaman lebih dalam dunia desain grafis untuk memulai bisnis cetak undangan. Karena saat ini banyak templat undangan yang bisa kamu gunakan untuk dijadikan usaha percetakan.

Modalnya pun sangat terjangkau. Apalagi sudah memiliki peralatan utama seperti printer, maka semuanya akan sangat mudah. Untuk memulainya:

  • Siapkan peralatan cetak: Printer dan Laptop sudah cukup.
  • Download beberapa template undangan.
  • Lakukan promosi di media sosial.
  • Nikmati keuntungannya.

Jika tidak sanggup membeli printer, maka kamu juga bisa membuat undangan digital. Malahan tipe undangan ini masih minim persaningan, sehingga lebih besar peluangnya untuk mendatangkan penghasilan.

5. Desain Logo

Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil 2022 Paling Menjanjikan

Membuat logo ternyata bisa pula kamu jadikan sebagai salah satu usaha sampingan karyawan yang paling menguntungkan. Selain tidak membutuhkan modal, kamu bisa menjual logo ini dengan harga fantastis melalui berbagai platform untuk mendatangkan keuntungan.

Yang perlu kamu siapkan untuk memulai bisnis desain Logi ialah:

  • Selalu belajar mendesain Logo yang inovatif.
  • Ikuti trend terkini model Logo.
  • Bangun Profil dan Polio di website pribadi atau sosial media guna meningkatkan visibilitas.
  • Bergabung di berbagai media luar negeri sebagai bentuk pemasaran.

Untuk 1 file Logo, harganya bisa mencapai 100$+ apabila memiliki kualitas baik. Dan paling murah saat ini yaitu 5$ dan itupun di jual oleh desainer pemula.

Tips Memilih Usaha Sampingan Karyawan Supaya Bisa Sukses dalam Waktu Dekat

Nah agar usaha yang kamu tekuni bisa mendatangkan keuntungan, maka pilihlah usaha sesuai minat dan juga hobi. Hal ini akan meningkatkan semangat bahkan kinerja lo. Tanpa adanya dukungan Hobi, siapapun bisa lalai karena masih menyandang status sebagai karyawan.

Pikirnya bekerja sebagai buruh karyawan lebih menjanjikan daripada usaha sampingan karyawan yang belum jelas statusnya. Padahal jika sanggup mengelolanya, keuntungan bisnis lebih besar daripada gaji selama bekerja di perusahaan. Jadi, temukan hobi-mu mulai saat ini!