Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Ide Bisnis Yang Menguntungkan 2023 Untuk Pemula

Bisnis yang menguntungkan tak hanya berlaku untuk usaha yang sifatnya populer saja, tetapi bisnis bersifat langka pun bisa lebih menguntungkan. Maka dari itu, janganlah mengurungkan niatmu untuk memilih lalu menekuninya. 

Saat ini, banyak juga lo bisnis yang menguntungkan dan tak menuai risiko di kemudian hari. Meskipun demikian, sebagai pelaku usaha kamu bakal mendapat tuntutan penuh untuk bisa menguasai strategi marketing. Jelas bahwa tuntutan tersebut punya tujuan positif yaitu agar "peluang bisnis" yang sudah kamu tentukan semakin menguntungkan dan tidak menjadi sia-sia tanpa adanya margin.

Saat memilih untuk berpindah karir, jangan merasa takut untuk memulainya ya. Mulailah dari bisnis yang sifatnya langka. Walaupun tidak setenar seperti bisnis pada umumnya, nantinya bisa populer juga lo. Dengan catatan, kamu menekuninya dengan lebih fokus dan serius.

Lantas apa saja sih ide bisnis tersebut? Yuk simak langsung ide peluang usaha tersebut sesuai analisa  oleh turah.id dalam konteks berikut!

Bisnis Yang Menguntungkan 2023 Minim Pesaing

bisnis yang menguntungkan

Merencanakan untuk beralih profesi namun takut kalah saat bersaing? Pilihlah salah satu rekomendasi bisnis yang menguntungkan 2023 yang minim pesaing berikut:

1. Sewa Pakaian

Tak banyak yang tahu bahwa jasa sewa pakaian akhir-akhir ini masuk dalam daftar populer bisnis yang minim pesaing. Salah satu hal paling menguntungkan dari bisnis ini adalah pasarnya yang masih luas. Saat sobat memilihnya, targetkan bisnismu kepada mereka para pekerja kantor, remaja atau bahkan pelajar kuliahan.

Dengan koleksi model baju terbaru dan tidak pasaran, bisnis ini bisa memberi keuntungan lebih besar lho. Adapun tips cerdas untuk memulai bisnis yang menguntungkan "sewa pakaian" antara lain:

  • Sediakan berbagai pilihan warna dan model. Sebagai penyedia jasa, sobat perlu melengkapi fashion apapun dengan gaya dan warna berbeda. Tak harus yang mahal, tetapi syaratnya adalah baju tersebut tidak pasaran.
  • Berikan Harga Ideal. Harga sangat mendominasi kesuksesan bisnis sewa pakaian yang kamu jalankan lho. Jadi, pertimbangkan untuk memberikan harga yang mengikuti tren atau menyesuaikan kualitas baju-baju tersebut.
  • Terapkan Sistem Denda. Guna menghindari adanya kerugian akibat baju yang rusak, maka sobat bisa menerapkan denda kepada setiap pelanggan. Besarnya sih terserah kalian berapa, yang penting pantas dengan baju yang kamu sewakan.

Bicara soal margin, ternyata cukup menggiurkan. Dalam 1 bula jika sudah punya pelanggan dan bisnis tersebut sudah terkenal, omsetnya bisa mencapai jutaan. Menggiurkan sekali kan? Jadi, bisnis ini cukup layak kamu jadikan pertimbangan untuk mengawali karir usaha yang menguntungkan di 2023.

2. Pet Shop

Pet Shop juga termasuk salah satu ide bisnis yang menguntungkan 2023 dan bisa kamu kembangkan tanpa mengenal lokasi. Itu artinya, ide bisnis ini sangat ideal untuk kamu yang tinggal di desa ataupun kota. 

Pet shop sendiri tergolong dalam kategori jualan yang menguntungkan karena ketersediaannya masih tergolong langka. Oleh karena itu, janganlah sekali-kali menganggap bahwa bisnis ini tidak menguntungkan, justru sebaliknya.

Mari kita analisa terhadap ide bisnis yang menguntungkan 2023 satu ini! Dalam kenyataan yang sudah turah.id temukan, komunitas pecinta hewan makin hari selalu melonjak. Tak hanya terjadi pada kalangan anak kecil saja, tetapi selalu meningkat di tengah-tengah kalangan dewasa.

Cara paling ideal untuk meningkatkan margin dari ide jualan yang menguntungkan satu ini adalah dengan menyediakan produk perawatan dan perlengkapan konsumsi harian. 

Selain itu, berikan pula harga terjangkau untuk mencari pelanggan tetap. Harga tersebut tentunya berlaku untuk semua tipe produk yang mencakup: kandang hewan, obat-obatan, suplemen atau vitamin, pakan dan lain sebagainya.

3. Menjual Aneka Makanan Tradisional

Jangan salah lho, menjual makanan tradisional juga tergolong dalam lingkup bisnis yang menjanjikan. Bahkan model bisnis semacam ini umumnya tidak membutuhkan modal besar. Alhasil, risikonya akan menjadi lebih rendah. 

Pangsa pasar untuk bisnis semacam ini menurut pengamatan turah.id sangat luas. Tah hanya di pedagang pangkalan saja, melainkan makanan tradisional kerap dijual di berbagai tempat, termasuk pasar atau lokasi tertentu dan strategis.

Ketika sobat memutuskan untuk memilih bisnis ini, pikirkanlah pesaingnya. Mungkin kamu harus sedikit melakukan improvisasi terhadap makanan tradisional tersebut guna menciptakan bisnis yang menguntungkan dengan mengalahkan kompetitor secara sehat.

Guna menciptakan jajanan unik dan bisa mendulang konsumen, ciptakan ciri khas pada setiap jajanan tersebut. Dalam hal ini, ciptakanlah kualitas rasa super lezat atau mengganti kemasan jajanan dengan tampilan terkini. Dengan adanya improvisasi semacam ini, saya yakin bisnis menjual jajanan tradisional milikmu akan mencapai titik kesuksesan dalam waktu dekat.

4. Laundry Spesial Shoes

Pernah melihat bisnis yang menguntungkan satu ini, "laundry sepatu"? Saya yakin kamu pasti belum pernah melihat, bahkan baru pertama mendengarnya. 

Laundry Spesial Shoes juga termasuk ide bisnis menjanjikan karena tak memiliki banyak kompetitor seperti ide usaha sebelumnya di atas. Akibatnya, sobat dapat menjajal ide ini tanpa perlu khawatir akan risiko besar. Mengapa? Yuk cari tahu alasannya!

Membuka bisnis laundry sepatu, pada dasarnya tidak memerlukan modal besar. Meskipun demikian, sobat tetap membutuhkan administrasi untuk membeli perlengkapan laundry, seperti: mesin cuci, rak sepatu, semir sepatu (jika perlu), dan perlengkapan lainnya.

Sebagai langkah untuk mengawali bisnis laundry sepatu, kira-kira modal kurang dari 15 juta sudah cukup. Nantinya uang tersebut bisa kamu belanjakan untuk membeli kebutuhan laundry. Setelah itu, bisnis siap untuk menerima pelanggan baru yang akhirnya selalu berlanggan. Dari sinilah, atur manajemen bisnis yang lebih baik. Pahami pula strategi marketing ideal guna meningkatkan branding dan pelanggan.

5. Jualan Nasi BOX

Ide bisnis yang menguntungkan 2023 terkahir rekomendasi dari turah.id ialah menjual nasi BOX. Sebagian orang mungkin mengenal bahwa ini terdaftar dalam kategori chattering. Nyatanya, tidak demikian. 

Ibu rumah tangga sepertimu juga bisa mengawali bisnis dengan menjual nasi box lho. Alhasil, ini termasuk pula dalam daftar usaha rumahan untuk ibu rumah tangga paling ideal. Sekarang, mari analisa potensi penghasilannya.

Secara umum, dalam 1 box terdapat ayam goreng, sambal terasi, tahu/tempe dan lalap. Sedangkan harga jualnya sangat bergantung dari kualitas rasa dan nama branding-mu. 

Sekarang ini 1 box berisi lauk seperti tersebut di atas di jual dengan kisaran Rp10.000 - Rp15.000. Sekarang coba sobat analisa sendiri berasa besarnya keuntungan dalam 1 bulan! Jelas, keuntungannya sangat besar. 

Namun sebagai pelaku bisnis pemula, sobat tidak akan langsung mendapat orderan pelanggan. Oleh karena itu, lakukan promosi dengan teknik soft selling agar masyarakat tahu bahwa kamu menyediakan nasi box dengan harga terjangkau dan sanggup melayani pesanan baik skala kecil maupun dalam jumlah lebih besar.

Sebagai hasil dari pemanfaatan promosi dengan teknik soft selling, sobat bisa melakukan promosi di berbagai sosial media. Misalnya, Facebook, TikTok, Instagram, Twitter, dan beberapa platform terpercaya lainnya. 

Dengan social media, jasa usaha laundry pun Anda berkesempatan untuk memiliki hasil yang besar karena mudah mendapatkan pelanggan.

Memanfaatkan teknis ini, saya yakin dalam waktu dekat bisnis yang menguntungkan ini akan segera memberi jawabannya.